Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung .- Selain obat yang diresepkan dokter, ada beberapa makanan yang dapat membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi gejala yang dirasakan.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah salah satu gangguan pencernaan kronis yang terjadi akibat naiknya asam lambung menuju ke esofagus ( kerongkongan ).

Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya nyeri ulu hati dan sensasi panas seperti terbakar di dada.

Sebab utama muncul penyakit asam lambung adalah tidak berfungsinya LES ( lower esophageal sphinchter ) yakni otot melingkar pada bagian bawah esofagus.

Fungsi dari LES tersebut adalah sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung dan sebaliknya LES akan menutup guna mencegah asam dan makanan yang masuk ke lambung keluar atau naik kembali.

Ada beberapa hal atau faktor yang bisa menyebabkan LES tidak berfungsi dengan baik yakni faktor keturunan, sering konsumsi obat-obatan tertentu, stes, memiliki berat badan berlebih, hiatus hernia, hamil, gastroparesis serta sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Selain merasakan nyeri ulu hati dan dada terasa panas, seseoang yang menderita penyakit asam lambung juga biasanya akan mengalami beberapa keluhan lainnya, seperti :

  • Tenggorokan terasa tidak nyaman
  • Suara menjadi parau
  • Batuk kering tanpa henti utamanya dimalam hari
  • Sakit dada
  • Sulit menelan
  • Perut kembung
  • Sering bersendawa
  • Selalu ingin meludah karena meningkatkan produksi air liur
  • Bau napas tidak sedap

Yang perlu diwasapadai dari penyakit asam lambung adalah bisa menimbulkan komplikasi ketika tidak ditangani dengan serius.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi ketika tidak diatasi dengan serius adalah timbulnya luka di kerongkongan, menyempitnya kerongkongan, Esofagus Barrett yakni berubahnya sel-sel didinding esofagus menjadi ganas ( prakanker ) hingga terkena penyakit kanker esofagus.

Selain konsumsi obat-obatan dari dokter, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala asam lambung yang dialami sekaligus membantu mengatasi penyakit asam lambung yakni dengan cara mengkonsumsi obat tradisional asam lambung.

Namun disamping itu anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan guna meredakan gejala yang dialami. Perlu diingat tidak semua makanan dan buah cocok untuk semua penderita asam lambung.

Makanan untuk penderita asam lambung adalah makanan yang rendah lemak, tinggi serat, buah-buahan tertentu, sayuran dan daging tanpa lemak. Hal tersebut karena makanan tersebut terbukti dapat menetralkan asam lambung.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung guna meredakan gejala serta membantu proses penyembuhan, yakni :

Buah Pisang

Pisang memliki pH 5,6 yang bagus untuk membantu meringankan penyakit asam lambung. Namun pisang tidak cocok dikonsumsi oleh setiap orang yang menderita asam lambung. Mengingat ada sebagian kecil penderita yang justru asam lambung yang diderita memburuk setelah konsumsi buah pisang.

Buah Melon

Kadar pH buah melon lebih tinggi dari pisang yakni mencapai angka 6,1 sehingga buah melon baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung guna menetralkan asam lambung. Sama dengan buah pisang tidak setiap penderita asam lambung dapat mengkonsumsi melon, karena sebagian kecil kasus justru asam lambung memburuk setelah konsumsi buah melon.

Oatmeal

Selanjutnya makanan untuk penderita asam lambung yang sebaiknya dikonsumsi karena mampu meredakan gejala yang diderita adalah oatmeal. Makanan ini terbukti dapat menyerap asam lambung sehingga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi.

Sayuran Hijau

Untuk meredakan gejala yang timbul, penderita asam lambung juga bisa mengkonsumsi beberapa sayuran hijau seperti : kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan mentimun.

Sayuran ini terbukti dapat mengurangi asam lambung berlebih yang menjadi penyebab asam lambung naik.

Daging Tanpa Lemak

Jika anda penyuka daging namun menderita penyakit asam lambung. Tidak perlu takut anda masih bisa mengkonsumsi daging dengan catatan daging yang dikonsumsi tidak mengandung lemak.

Contoh : Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

Jahe, Adas, Lidah Buaya

Selain makana ada beberapa tanaman herbal yang memliki manfaat bisa menurunkan asam lambung sehingga tanaman ini sangat bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung guna meredakan gejala yang dirasakan yakni berupa : ahe, adas, dan lidah buaya.

Ingat dan perlu dicatat, tidak semua makanan yang kami sebutkan diatas bisa dikonsumsi oleh semua penderita penyakit asam lambung, mengingat pada sebagian penderita makanan tersebut terkadang dapat menimbulkan masalah.

Untuk itu, sebelum anda ingin mengkonsumsi makanan tersebut alangkah lebih baik jika anda menanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli kesehatan lainnya.

Kunci terbaik dalam menyembuhkan penyakit asam lambung disamping mengkonsumsi obat atau makanan diatas adalah melakukan gaya hidup sehat, yakni dengan tidak merokok dan menghindari stres serta memilih makanan serta buah yang akan dikonsumsi.

REKOMENDASI PENGOBATAN :

Ketika penyakit asam lambung yang diderita tak kunjung teratasi maka anda bisa mengatasinya dengan obat asam lambung QNC GAMAT yang telah terbukti mampu menyembuhkan penyakit asam lambung dengan cepat dan aman tanpa efek samping.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *